“ONPCSB mengharapkan operator perjudian untuk meningkatkan kepatuhan dan kepatuhan dengan standar internasional di bidang AML/CFT”

Senin, 13 September 2021

Pada 20 Juli 2021, Komisi Eropa meluncurkan paket baru proposal legislatif tentang pemberantasan pencucian uang dan pendanaan teroris (AML/CFT). Tujuannya adalah untuk melindungi integritas sistem keuangan Uni Eropa, untuk membantu melindungi warga Eropa dari terorisme dan kejahatan terorganisir. Topik ini, tetapi juga yang lainnya, seperti tahapan Penilaian Risiko Nasional, organisasi baru dan peraturan yang berfungsi dari ONPCSB dan topik lain yang kami undang untuk Anda temukan dalam wawancara yang diberikan oleh Ibu Daciana Dumitru, Direktur Analisis dan Informasi Pemrosesan Anda akan menemukan Kantor Nasional untuk Pencegahan dan Pemberantasan Pencucian Uang (ONPCSB) diperdebatkan dan dianalisis dalam materi berikut.

Ibu Daciana Dumitru, Direktur Departemen Analisis dan Pemrosesan Informasi di Badan Nasional Pencegahan dan Pemberantasan Pencucian Uang

Berita apa yang akan dibawa oleh paket legislatif Eropa baru tentang pemberantasan pencucian uang, yang diluncurkan oleh Komisi Eropa pada 20 Juli 2021?

Paket baru proposal legislatif tentang pemberantasan pencucian uang dan pendanaan teroris (AML/CFT) diluncurkan oleh Komisi Eropa pada 20 Juli 2021 dan dimaksudkan untuk memperkuat aturan Uni Eropa terkait memerangi fenomena tersebut. Perannya adalah untuk melindungi integritas sistem keuangan Uni Eropa, untuk membantu melindungi warga negara Eropa dari terorisme dan kejahatan terorganisir, dan tujuan utamanya adalah untuk menutup celah hukum yang dimanfaatkan oleh penjahat untuk mencuci uang atau membiayai kegiatan teroris melalui sistem keuangan.

Paket tersebut mencakup empat proposal legislatif:

Peraturan CSB / CFT. Ini berisi aturan yang berlaku secara langsung, termasuk langkah-langkah untuk mengetahui klien dan penerima manfaat yang sebenarnya. Arahan Anti Pencucian Uang dan Pendanaan Teroris yang baru, yaitu Arahan Keenam. Ini akan menggantikan Arahan 2015/849 saat ini, sebagaimana diubah oleh Arahan Kelima, dan akan berisi ketentuan tentang otoritas pengawas nasional dan unit intelijen keuangan di Negara-negara Anggota; Revisi Peraturan 2015/847 / EU tentang transfer dana, untuk memungkinkan pelacakan transfer aset kripto; Peraturan yang menetapkan Otoritas Anti Pencucian Uang dan Keuangan Teroris (AMLA) Uni Eropa yang baru.

Fokus paket legislatif adalah pembentukan otoritas anti pencucian uang baru – AMLA.

Menurut para spesialis, AMLA harus, khususnya:

membangun satu sistem pengawasan anti pencucian uang dan anti pendanaan teroris yang terintegrasi di seluruh Uni Eropa, berdasarkan metode pengawasan umum dan konvergensi standar pengawasan yang tinggi; memastikan pengawasan langsung dari beberapa lembaga keuangan berisiko tertinggi yang beroperasi di sejumlah besar Negara Anggota atau memerlukan tindakan perbaikan segera; memantau dan mengoordinasikan otoritas pengawas nasional yang bertanggung jawab atas lembaga keuangan lainnya, serta mengoordinasikan otoritas pengawas lembaga nonkeuangan; mendukung kerja sama antara unit-unit intelijen keuangan nasional dan memfasilitasi koordinasi dan analisis bersama mereka, dengan tujuan untuk lebih mendeteksi aliran keuangan lintas batas yang tidak sah.

ONPCSB

Paket legislatif yang diluncurkan oleh Komisi akan diperiksa oleh Parlemen dan Dewan Eropa. Ini dapat dikonsultasikan di https://ec.europa.eu/info/publications/210720-anti-money-laundering-countering-financing-terrorism_en.

Bagaimana tahapan Penilaian Risiko Nasional (deadline)? Di sisi perjudian, bagaimana Anda berkolaborasi dengan ONJN dan para aktor di lapangan untuk menyelesaikan evaluasi?

Mengenai status Penilaian Risiko Nasional, ONPCSB memberi tahu Pemerintah Rumania – selama Pertemuan Pemerintah 19.08.2021, dan proyek dapat dikonsultasikan di: https://sgg.gov.ro/1/wp-content /uploads /2021/08/INFO-1.pdf

Untuk penyusunan laporan, diminta informasi dari berbagai lembaga negara, termasuk ONJN.

ONJN mengirimkan informasi yang diminta tepat waktu, lengkap dan lengkap, tanpa perlu pengembalian.

ONPCSB memiliki ROF baru. Apa yang bisa Anda ceritakan tentang organisasi baru?

Pengaturan organisasi dan fungsi ONPCSB telah disetujui oleh GD NR.491/2021 dan dapat dikonsultasikan di http://www.onpcsb.ro/pdf/hgnrof.PDF.

Aturan baru yang membentuk struktur organisasi dan fungsional Dinas merupakan instrumen legislatif yang menjamin, sekali lagi, independensi operasional dan fungsional lembaga, sehingga Dinas sebagai otoritas di bidang kompetensinya dapat memenuhi kewajibannya. Berkenaan dengan harmonisasi legislatif dengan Arahan Eropa, dapat menyusun undang-undang sekunder terkait, termasuk yang akan membuat undang-undang, di tingkat nasional, paket legislatif baru yang diluncurkan oleh Komisi Eropa.

Harapan apa yang akan dimiliki ONPCSB dari operator perjudian di negara kita terkait dengan penerapan 6th Directive? Apa yang diharapkan operator di lapangan?

Peraturan perundang-undangan anti pencucian uang dan anti pendanaan teroris (APU/PPT) harus diterapkan secara efektif dan konsisten untuk memerangi kejahatan dan menjamin perlindungan sistem keuangan.

Dalam konteks ini, ONPCSB mengharapkan operator perjudian untuk meningkatkan kepatuhan dan kepatuhan dengan standar internasional di bidang APU/PPT.

Usulan Instruksi yang dibuat pada tanggal 7 Juli 2021 menyatakan pada poin 8 halaman 14 bahwa “Pengawas harus memastikan bahwa, dalam hal kantor devisa, (…) Atau penyedia layanan perjudian, ada orang yang secara efektif mengelola manajemen entitas tersebut dan bahwa pemilik manfaat dari entitas tersebut bertindak dengan kejujuran dan integritas serta memiliki pengetahuan dan keahlian yang diperlukan untuk menjalankan fungsinya.”

Bagaimana ini bisa diverifikasi di negara kita dan khususnya di bidang perjudian? Apakah ada kriteria tertentu dari kejujuran profesional dan etika yang dengannya pemberi kerja harus dipekerjakan di posisi ini pada transposisi Arahan 6 di dalam perusahaan mereka? Apakah Anda perlu diakreditasi oleh seseorang?

Pada saat ini, terlalu dini untuk berbicara tentang cara di mana Arahan Keenam akan dialihkan di Rumania dan apa tindakan legislatif selanjutnya.

Mengenai peraturan perundang-undangan yang berlaku saat ini, yaitu Undang-undang 129/2019 tentang pencegahan dan pemberantasan tindak pidana pencucian uang dan pendanaan terorisme, serta untuk mengubah dan melengkapi beberapa tindakan normatif, dengan perubahan dan penyempurnaan selanjutnya, memuat ketentuan mengenai fakta bahwa orang yang memegang jabatan manajemen penyedia layanan perjudian, serta orang-orang yang menjadi penerima manfaat sebenarnya, adalah orang yang tepat dan kompeten yang dapat melindungi entitas tersebut dari penyalahgunaannya untuk tujuan kriminal, sebagai berikut:

Pasal 31

(1) Dilarang melakukan kegiatan tanpa izin atau pendaftaran oleh badan-badan berikut: rumah devisa dan badan-badan yang memegang administrasi struktur penerimaan wisata dengan fungsi akomodasi wisata yang disediakan dalam seni. 30 paragraf (1), penyedia layanan perjudian, penyedia layanan kepercayaan, perusahaan dan badan hukum atau konstruksi lainnya, penyedia layanan penukaran mata uang virtual dan fidusia, serta penyedia dompet digital.

(2) Pejabat yang berwenang yang diatur dalam seni. 26 paragraf (1) memiliki kewajiban untuk memverifikasi apakah orang yang memegang posisi manajemen dalam entitas yang ditentukan pada par. (1) dan orang-orang yang merupakan penerima manfaat nyata dari entitas-entitas ini adalah orang-orang yang tepat dan kompeten yang dapat melindungi entitas-entitas tersebut dari penyalahgunaannya untuk tujuan kriminal.

Dalam Bab IV, seni. 29, poin 6 dari proposal untuk Arahan 6 menyatakan bahwa Negara-negara Anggota harus memastikan bahwa pengawas keuangan dan pengawas yang bertanggung jawab untuk operator perjudian memiliki kekuatan tambahan untuk yang dimaksud dalam ayat 5, termasuk kekuatan untuk menyelidiki tempat komersial dari entitas wajib. tanpa pemberitahuan sebelumnya jika pelaksanaan yang tepat dan efisiensi dari inspeksi memerlukan dan dengan demikian mereka memiliki semua sarana yang diperlukan untuk melakukan penyelidikan tersebut. Siapa yang akan melakukan pemeriksaan tersebut: ONJN atau ONPCSB? Atau tim campuran? atau entitas lain yang akan segera dibentuk? Kami menanyakan ini karena kami tahu bahwa NOPCML tidak memiliki peran eksekutif, tetapi hanya regulasi legislatif dan pemantauan lapangan.

Seperti yang telah kami sebutkan sebelumnya, terlalu dini untuk berbicara tentang cara di mana Arahan Keenam akan dialihkan di Rumania dan apa yang akan menjadi tindakan legislatif selanjutnya.

Saat ini, UU 129/2019 tentang pencegahan dan pemberantasan pencucian uang dan pendanaan teroris, serta untuk mengubah dan melengkapi beberapa tindakan normatif, dengan perubahan dan penyempurnaan berikutnya, mengatur hal-hal berikut:

Pasal 26

(1) Cara penerapan ketentuan undang-undang ini diawasi dan dikendalikan, dalam tugas pelayanan, oleh otoritas dan badan berikut:

a) Bank Nasional Rumania dan Otoritas Pengawas Keuangan, untuk kategori entitas yang diawasi sesuai dengan ketentuan 27, masing-masing pasal. 28; b) Badan Nasional Administrasi Fiskal dan otoritas kontrol keuangan / fiskal lainnya mengendalikan entitas pelapor, kecuali yang diawasi oleh otoritas yang ditentukan dalam a), tentang pemenuhan kewajiban pelaporan yang diatur dalam pasal. 7 paragraf (1), (3) dan (5); c) Kantor Nasional Perjudian untuk entitas pelapor yang disediakan di 5 par. (1) menyala. D); d) Kantor, untuk semua entitas pelapor yang tidak berada dalam pengawasan otoritas sebagaimana dimaksud dalam huruf a); e) badan pengatur mandiri, untuk entitas pelapor yang diwakili dan dikoordinasikannya.

………………………………………………………………………………………………………………………….

(3) Kantor dapat melakukan pengawasan terhadap badan hukum dan badan yang tidak berbadan hukum, selain yang berada di bawah pengawasan otoritas yang ditentukan pada par. (1) menyala. a), apabila dari data yang dimiliki oleh Kantor terdapat dugaan pencucian uang atau pendanaan terorisme atas transaksi yang dilakukan oleh mereka.

Baca juga “MEGA SLOT sangat sulit!”

Leave a Reply